Pemkab Rejang Lebong Komitmen Tingkat PAD

Pemkab Rejang Lebong Komitmen Tingkat PAD

CURUP, Bengkulu Ekspress- Terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rejang Lebong, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan berkomitmen untuk meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 mendatang.

\"Sejumlah arah kebijakan pendapatan daerah tahun 2019 telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk mendongkrak PAD kita,\" sampai Wabup saat menyampaikan jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Rejang Lebong atas nota pengantar RAPBD Tahun 2019 dalam sidang paripurna yang gelar DPRD Rejang Lebong Kamis (22/11) kemarin.

Dijelaskan Wabup, sejumlah kebijakan pendapatn yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut, seperti peningkatan potensi PAD baik dari retribusi, pajak daerah dan pendapat daerah lainnya dengan mengupayakan sosialisasi secara persuasif atas peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah kepada wajib pajak dan retribusi.

Kemudian melakukan pembinaan kepada stakeholder terkait dengan pentinya pajak dan retsibusi terhadap pembangunan daerah. \"Kita juga akan melakukan perbaikan regulasi dan mekanisme dalam pemungutan pajak dan retribusi daerah,\" tambah Wabub.

Kemudian menurut Wabup, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga akan melakukan inovasi berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan pelayanan pajak dan retribusi, serta pelayanan lainnya kepada masyarakat sehingga diharapkan pada tahun 2019 terdapat peningkatan yang signifikan terhadap PAD.

Lebih lanjut, Wabup juga mengungkapkan dalam meningkatkan penerimaan daerah dari sektor-sektor potensial lainnya yang belum menjadi penerimaan daerah, akan dilakukan kajian dan uji petik terhadap potensi-potensi tersebut oleh SKPD terkait dengan melibatkan kalangan akademisi, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

\"Dengan langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kontribusi daerah dari sektor pariwisata, serta dapat menumbuhkembangkan iklim investasi dan usaha di Kabupaten Rejang Lebong,\" jelas Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga menyampaikan terima kasih atas apresasi Fraksi PDI Perjuangan atas peningkatan retribusi daerah. Meskipun sudah ada peningkatan dari sektor PAD, namun menurut Wabup Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tetap berupaya untuk mengoptimalkan penerimaan daerah terutama melalui peningkatan PAD dari sumber-sumber yang ada dan terukur maupun melalui potensi-potensi yang memungkina untuk dipungut berdasarkan data dari SKPD pengelola PAD.

\"Upaya yang kita lakukan tersebut seperti penyediaan dan peningkatan infrastruktur serta penyederhaaan birokrasi dan perizinan dalam berinvestasi di Kabupaten Rejang Lebong,\" demikian Wabup.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: